Jumat, 19 Juni 2009

Cara Menerbitkan Buku di HM Publishing

Bisa menerbitkan buku sendiri (indie), tentu hal yg sangat menyenangkan. Terlebih, jika buku bisa dikemas seperti layaknya buku yang dijual di toko. Sebagian penulis menerbitkan bukunya sendiri  dengan melakukan semua tahapan pracetak sendiri, seperti penyuntingan, desain isi, desain sampul/cover, dan atau ISBN. Tapi sebagian besar penulis tidak bisa melakukan itu semua. Ia memerlukan bantuan pihak lain.

Kami dari tim Halaman Moeka, menyediakan jasa seperti disebutkan di atas untuk membantu para penulis mempunyai buku dengan desain/tampilan seperti buku-buku yang dijual di toko. Penulis tidak perlu bingung untuk mewujudkan keinginannya. Kualitas dan harga yang bersahabat menjadi prioritas kami. Halaman Moeka  ingin membuktikan bahwa menerbitkan buku indie itu mudah dan murah.

Adapun rincian singkat cara menerbitkan buku indie dengan Halaman Moeka Publishing sebagai penyedia jasanya adalah sebagai berikut:
  1. Sampaikan deskripsi naskah Anda kepada kami, terutama berkaitan dengan spesifikasinya: tebal naskah, ukuran naskah, bergambar/bertabel, berwarna atau hitam putih, dst. Jika tidak, akan lebih memudahkan bila Anda langsung mengirim naskah untuk kami lihat terlebih dahulu secara real. 
  2. Sampaikan keinginan Anda berkaitan dengan pelayanan jasa yang ingin digunakan. Apakah akan semua bagian proses penerbitan diserahkan ke kami atau Anda hanya memerlukan bagian-bagian tertentu saja. Misal, Anda hanya memerlukan jasa desain isi dan desain sampul saja. Penulis juga bisa menyampaikan keinginannya/fantasinya berkaitan dengan buku yang akan diterbitkan. Misal, buku akan diisi dengan ilustrasi, cover ingin ada 'kuping'nya, dll.
  3. Dari naskah dan keinginan penulis tersebut, kami akan memberikan estimasi biaya jasa penerbitan. Kami akan memberikan penawaran yang relevan dengan kondisi naskah. 
  4. Jika penulis menyetujui dengan penawaran kami, maka pengerjaan buku bisa dimulai.
  5. Agar proses penerbitan bisa dimulai, penulis akan kami minta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu dengan lunas di depan atau DP minimal 50%, sisanya ketika buku akan dikirim atau pengerjaan selesai.
  6. Waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan satu naskah buku bervariatif. Standar kami satu naskah selesai diterbitkan memakan waktu 3 minggu s.d sebulan. Namun seringkali kami bisa mengusahakan lebih cepat. 

Adapun urutan proses pengerjaan naskah, secara garis besar dapat dijelaskan sbb:
  1. Kesiapan naskah. Naskah yang Anda kirim akan kami terima. Agar siap terbit, maka kami akan melakukan penyuntingan. Penyuntingan berkaitan dengan edit EYD, kalimat, koherensi tiap paragraf, pengkategorian/klasifikasi naskah (bila naskahnya berupa kumpulan), urutan antarnaskah, penentuan judul, dll. Ini akan ditangani oleh bagian editor. Penyuntingan juga bisa kami lakukan hanya untuk EUD dan kesalahan ketik. Ini tergantung dari besarnya biaya yang dikeluarkan.
  2. Bila naskah asli telah siap, maka naskah akan masuk ke bagian layout (tata letak/desain isi). Desain isi berkaitan dengan teknik penyajian, keterbacaan, sekaligus ukuran buku. Ini ditangani oleh bagian setter.
  3. Langkah selanjutnya adalah pembuatan sampul/cover. Cover adalah wajah buku yang berkaitan dengan daya tarik buku di bagian awal. Oleh karenaya cover harus dibuat semenarik mungkin. Cover yang menarik adalah cover yang bisa memikat mata, bernilai seni tinggi, sekaligus mencerminkan isi buku. Ini ditangai oleh pihak desain cover.
  4. Pengurusan ISBN (ini kondisional). Artinya hal ini tidak bersifat wajib apabila buku yang diterbitkan tidak dijual di toko-toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, dll.

Apabila proses di atas selesai, berarti naskah telah siap cetak. Maka langkah selanjutnya adalah ke percetakan untuk order cetak buku. Jumlah cetak buku tentunya disesuaikan dengan keinginan penulis.

Apakah terlihat rumit?
Tidak! Karena kami siap membantu. Semua akan berjalan dengan mudah.

Demikian rincian singkat cara menerbitkan buku di Halaman Moeka Publishing. Hal-hal yang bersifat lebih detail, bisa ditanyakan melalui email: terbit.buku@gmail.com


Info penting lainnya:
- Syarat dan ketentuan menerbitkan buku di Halaman Moeka Publishing
- Paket penerbitan hemat
- Paket penerbitan ekspres
- Daftar harga cetak murah

8 komentar:

yudhieguszara mengatakan...

saya tertarik ingin mencoba menerbitkan buku puisi secara indie, adapun spesifikasi buku adalah sebagai berikut :


- tebal 50 halaman
- isi hvs 70 gr
- ukuran 13 x 20 cm
- cover atcartoon 230 gr, finishing doft, perfect bending
- jumlah 500 eks

1.berdasarkan spesifikasi tersebut berapakah biaya cetaknya ?
2.dan jika dalam jumlah 1000 eks berapakah biaya cetaknya ?

atas jawabannya saya ucapkan terimakasih, semoga tiada aral yg melintang niatan utk menerbitkan buku puisi ini, amien.

catur catriks mengatakan...

Sudah saya email ya keterangannya
Smoga bisa bekerja sama:)

Anonim mengatakan...

Pak Catur yg terhormat,

Kalau buku berukuran A4 kira2 akan lebih mahal/murah biaya penerbitannya?

terima kasih

gegen_mull@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Pak Catur yth,

Saya mw tanya lagi nich,

Berapa estimasi biaya cetak buku ukuran A4, tebal 60 hal, offset?

alkasih mengatakan...

Pak, saya ingin menerbitkan novel saya. Tapi saya kekurangan biaya. Jika 1 ekslempar buku berharga 15000, barangkali saya hanya mampu menerbitkan dalam jumlah minim, yakni 100 eksemplar. apakah biaya cetaknya 15000 X 100 = 1500.000?

Sementara biaya pra cetak yang saya perlukan hanya layout. Desain Sampul saya sudah ada. Dan naskah tidak perlu diedit lagi.

Mohon konfirmasi secepatnya. Terimakasih.

alkasih mengatakan...

jika inging membalas pesan saya, ini alamat email saya: alkasih_07@yahoo.com

alkasih mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
alkasih mengatakan...

Naskah saya jika dicetak dengan kertas A4, akan ada kurang lebih 60 halaman dengan spasi 1, size 12, font Time News Roman,