Senin, 10 Agustus 2009

HALAMAN MOEKA PUBLISHING MASUK ANNIDA ONLINE (28 JULI 2009)

SUMBER: http://annida-online.com/berita.php?id=157

Halaman Moeka Publishing, Lebih Friendly dan Transparan

Annida-Online-Tak seperti penerbit konvensional yang sudah ada, Halaman Moeka Publishing punya konsep berbeda. Lebih transparan dan friendly dengan para penulis menjadi keistimewaan penerbit yang baru berdiri pada Maret 2009 ini. Juga adanya layanan berupa jasa penerbitan indie dengan tarif relatif murah.

Adalah pasangan suami istri Catur Sukono dan Retnadi Nur'aini yang bersama-sama menghidupkan penerbitan ini dibantu 2 orang rekannya. Buku terbitan Halaman Moeka memang belumlah banyak. Pertama Lets Talk About yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Lantas ada tiga buku indie antara lain antologi puisi Padang Oase Tujuh Musafir Muda tulisan Dani Ardiansyah dkk, Agenda Remaja, Ceriakan Ramadhanmu (Irfan Azizi, FLP Pakistan) serta Safety Driving Guidance karya Samarra Lim. Berkantor di bilangan Tanjungduren Selatan, Jakarta Barat, serta punya cabang di Ciawi, Bogor, Halaman Moeka Publishing siap menerbitkan karya-karya penulis kita tanpa membatasi tema maupun sasaran yang dibidik.

"Kami terbitkan buku apa saja, asal yang bermutu dan punya manfaat," kata Catur Sukono selaku pendiri dan pemilik Halaman Moeka Publishing.

Kepada para penulis, lanjut Catur, Halaman Moeka berupaya untuk lebih ramah dan terbuka. "Dari proses penerbitan, pembuatan acara-acara kami upayakan lebih transparan dan tidak sekaku penerbit yang lain. Kalau soal royalti bagi penulis, kami berlakukan standar 10 persen, belum bisa berikan yang lebih besar," ujar Catur.

Sebenarnya, Halaman Moeka ingin mempersembahkan royalti yang besar. Namun semua masih terkendala dana. Untuk buku perdana mereka, Lets Talk About, menurut pengakuan Catur, sudah ada permintaan cetak ulang dari pihak distributor.

"Naskah dari penulis juga sudah banyak yang masuk, tapi lagi-lagi terbentur dana, kami butuh investor," tutur Catur.

Mengenai jasa penerbitan, semua digarap oleh Halaman Moeka dengan tetap berkomunikasi dengan pihak penulis/pemesan. Nantinya, penulis indie itu tinggal menerima karya dalam bentuk jadi. Sudah diedit, ditata dan didesain sedemikian rupa. Biaya yang dibutuhkan pun relatif terjangkau, sekitar Rp 4 juta untuk 200 eksemplar buku. Tentu, bentuk dan tebal-tipisnya buku serta jumlah cetakan mempengaruhi harga. [Esthi]



==========================
Halaman Moeka Production:

Email: halamanmoeka@gmail.com
Hp. 081325494096 | 081210698852

0 komentar: