Rabu, 25 November 2009

Dan Poynter, Bapak Self-Publishing Amerika

Sudah sejak lama, Dan Poynter ingin menerbitkan buku tentang panduan terjun payung. Sayangnya, tak satupun penerbit bersedia untuk menerbitkannya. Tak hilang akal, pria ini pun memilih untuk menerbitkan bukunya sendiri.

Pada tahun 1973, Dan mulai tertarik pada olahraga baru di bidang penerbangan. Namun ia tak menemukan satupun buku petunjuk tentang olahraga tersebut. Peluang inipun dimanfaatkan Dan untuk menulis buku berjudul Hang Gliding. Empat bulan kemudian, Dan mencetak bukunya. Hasilnya, Hang Gliding terjual tidak kurang dari 130.000 eksemplar. Best seller!

Sejak saat itu, Dan pun terus menulis. Ia telah menghasilkan sekitar 76 judul buku baru dan berbagai edisi revisi. Buku-bukunya juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, Jepang, Rusia, Inggris, dan Jerman. Buku-buku Dan selalu memuat fakta, angka, dan informasi rinci secara mendalam. Informasinya juga selalu up-to-date dengan perkembangan zaman, karena Dan selalu merevisi bukunya sebelum di cetak ulang. Kini, Dan telah menjual jutaan buku--dan beberapa diantaranya adalah best seller, dengan terjual sekitar 10 ribu- 20 ribu eksemplar/ tahun. Bukunya yang berjudul The Self-Publishing Manual diperuntukkan bagi para penerbit yang ingin tahu resep sukses Dan.

Selama bertahun-tahun, Dan juga seorang diri mengelola Para Publishing, sebuah penerbitan yang didirikannya tahun 1969. Disini, Dan menangani sendiri semua pekerjaan self publishing, mulai dari tulisan, penerbitan dan promosi, kantor manajemen dan pengiriman. Tak heran bila ia sering disebut-sebut sebagai the world's largest one-person publishing company.

Jerih payah Dan berbuah manis. Kini, Dan telah memiliki sebuah kantor besar dengan 360 pemandangan pegunungan dan Samudera Pasifik. Dan juga telah memiliki sejumlah staf yang membantunya memproduksi aneka produk dan jasa (buku, laporan, kaset, disk, seminar, dll). Dan juga meraih sejumlah penghargaan, seperti: Benjamin Franklin Award dari Publishers Marketing Association, dan Irwin Award dari Book Publicists of Southern California. Irwin Award diraih Dan, atas keberhasilannya dalam kampanye promosi melalui media elektronik.

Pria yang tinggal di Santa Barbara ini juga telah bepergian ke lebih dari 40 negara--termasuk skydived ke kutub utara. Dia juga telah menulis sejumlah buku tentang teknik olahraga terjun payung dan buku-buku populer di bidang skydiving. Seminar-seminar Dan Poynter telah disiarkan oleh disiarkan CNN, buku-bukunya telah muncul di The Wall Street Journal, dan kisahnya telah dipublikasikan dalam US News & World Report. Media berebut mewawancarainya, karena Dan adalah tokoh terkemuka dalam bidang pemasaran buku, mulai dari promosi hingga distribusi. (Retnadi Nur'aini)

Quote:
"When you have your own business and control your own product, you can pursue your dreams." (Dan Poynter)

(Diolah dari berbagai sumber)



==========================
Halaman Moeka Production:

Email: halamanmoeka@gmail.com
Hp. 081325494096 | 081210698852

0 komentar: