Sabtu, 21 November 2009

MARAKNYA INDIE BOOK PUBLISHING DI LUAR NEGERI

Indie book publishing di luar negeri mulai marak. Ini ditandai oleh menjamurnya indie book publisher dan indie author. Tom Lombardo, seorang indie author berkomentar “Saya menyarankan bagi para penulis pemula untuk menerbitkan sendiri bukunya (self-publish). It is faster, less frustrating, you get what you want.”

Pendapat senada diungkapkan indie author lainnya, Reg Green. Di usianya yang menginjak 80 tahun, Green merasa bahwa self-publishing adalah pilihan yang tepat untuk bukunya. “It’s simple, it’s much quicker, you have total control and you’re not that dependent on other people.”

Bagi para calon indie author, kini bahkan telah tersedia situs layanan jasa pencarian indie book publisher. Di http://www.findyourpublisher.com, setiap calon indie author bisa memilih indie book publisher yang cocok dengan tema, anggaran, bahkan waktu penulisan bukunya. Si calon indie author ini tinggal mengisi formulir yang berisikan data tema, jumlah anggaran yang dimiliki, lama penulisan buku, wilayah tempat tinggal, dan data-data pendukung lainnya. Dan voila!, mesin pencari akan memilihkan indie book publisher yang cocok untuk si calon indie author.

Untuk menghargai semangat dan kerja keras para penggiat indie book publishing, telah hadir pula Indie Book Award—sebuah ajang penghargaan internasional terhadap para indie author, dan indie book publisher. Penghargaan yang diselenggarakan oleh Independent Book Publishing Professionals Group ini menyiapkan hadiah uang tunai senilai $100-1,500 untuk berbagai kategori seperti: best fiction, best nonfiction, dan best cover design.

Long live self-publishing! (Retnadi Nur’aini)

Quote:
“You don’t have to be a prize winning published author in order to be a writer” (Joanna Penn – author of From Idea to Book.)


(Diambil dari berbagai sumber)



==========================
Halaman Moeka Production:

Email: halamanmoeka@gmail.com
Hp. 081325494096 | 081210698852

0 komentar: