Rabu, 08 Agustus 2012

Grafiti Bukit Puisi - M Badri - Jasa Penerbitan Buku Halaman Moeka P.

Peluncuran situs cybersastra.net pada medio 2001 silam, menjadi catatan penting bagi perkembangan kesusastraan di Indonesia. Banyak sastrawan generasi baru lahir dari rahim sastra cyber tersebut. Termasuk saya, yang belajar merangkai kata di media virtual. Media baru bagi publikasi sastra yang lebih demokratis dan tidak mengenal kasta.

Di ruang sastra cyber itu, saya belajar menulis, berdialektika, termasuk belajar menerima makian dan pujian. Sastra cyber juga mendorong terciptanya ranah sastra multikultural. Lunturnya batas-batas geografis di dunia cyber membuat semua kelompok budaya dapat berdampingan, dengan karakter lokalitasnya masing-masing.

Meski berasal dari genre sastra cyber saya tidak melupakan sastra koran. Karena di koran saya justru dibesarkan. Kedua media tersebut memiliki andil dalam mengasah talenta sastra saya. Meskipun  cybersastra.net sudah tidak ada lagi, media baru terus bermunculan, terutama saat revolusi media sosial semakin menyuburkan perkembangan sastra cyber.

Setelah satu dekade masa kepenyairan saya, ada keinginan untuk membukukan puisi-puisi yang saya tulis antara tahun 2002-2012. Memang bukan pekerjaan mudah mengumpulkan ratusan puisi yang berserakan. Ada yang sudah dipublikasikan di buku-buku antologi, koran, majalah atau masih dalam bentuk manuskrip digital.

Setelah mengumpulkan dan mengurutkannya mulai dari periode paling akhir, saatnya harus memilih dan memilah, puisi-puisi mana yang “pas” dimasukkan dalam buku ini. Sebuah pekerjaan sulit, karena puisi-puisi yang masuk tentunya harus mewakili tema dan fase kepenyairan saya sejak mahasiswa hingga sekarang. Apalagi saya beberapa kali mengalami perubahan “selera” kepenulisan, baik tema maupun gaya pengungkapan.

Terimakasih kepada tuan dan puan [maaf tak saya sebut satu-satu] yang menjadi mitra kreatif dan memiliki peran dalam proses kepenyairan saya selama ini. Juga kepada penerbit Halaman Moeka yang bersedia menerbitkan buku puisi ini secara indie. Tak lupa para sahabat yang menyempatkan diri menulis komentar di sampul belakang buku ini. Tabik!

Dapatkan buku ini hanya di Toko Buku Online HalamanMoeka.Com!

1 komentar:

TOM PAIJO mengatakan...

mantab...mudah-mudahan semakin berkembang dan maju.