Kamis, 27 September 2012

Drs Malan Lubis - Analisis Wacana Bahasa Indonesia - Penerbitan Buku utk Dosen/Pengajar

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena buku Wacana ini dapat penulis selesaikan dengan baik . Buku yang ada dihadapan anda sekarang ini saya karang atas pendapat bahwa untuk pengajaran di perguruan tinggi masih kurang buku-buku tentang wacana, terutama penganalisisan wacana.

Ini bukan berarti bahwa yang saya karang ini sudah lengkap dan  sudah lebih baik. Tidak sekali-kali. Malahan saya menganjurkan pembaca mencari  sumber lain untuk memperkaya pemahaman tentang Wacana.

Buku ini diawali dengan pengertian bahasa, fungsi, dan tindak bahasa pada bab I. Kemudian pengertian tentang praanggapan yang diperluas dengan contoh-contoh. Keutuhan wacana tentang bagaimana kalimat-kalimat pada satu wacana itu saling berhubungan dibahas pada halaman berikutnya. Pengertian wacana, substitusi, ellips, konjungsi, akan dibahasa pada bab II, Pengertian konteks, praanggapan, asersi, ciri-ciri konteks, serta konteks dibahas pada bab III. 

Dalam bab IV dibahas keutuhan wacana yang terdiri atas  beberapa aspek dan diakhiri penganalisisan wacana secara menyeluruh dengan contoh penggunaan bahasa dalam kehidupan.

Saya mengharapkan saran dan kritik dari siapa saya demi perbaikan buku ini, dan terima kasih atas bantuan teman-teman sejawat.

Wassalam,

1 komentar:

tedi suryadi mengatakan...

bagaimana untuk memesan buku ini?