Kamis, 27 September 2012

M. Surip - Komunikasi Antarpribadi - Penerbitan Buku utk Dosen/Pengajar


Syukur Alhamdulillah, penulis persembahkan kehadirat Allah SWT, atas inayah dan karunia ilmu yang dicurahkan-Nya, sehingga mampu menyelesaikan buku ini walau dengan segala keterbatasan, semoga setetes curahan ilmu ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Jika orang tidak pernah berkomunikasi dengan orang lain niscaya ia akan merasa terisolasi dari masyarakatnya. Pengaruh dari keterisolasian ini akan menimbulkan depresi mental yang pada akhirnya membawa orang kehilangan keseimbangan jiwa. Oleh sebab itu menurut Dr. Everett Kleinjan dari East West Center Hawaii, komunikasi sudah merupakan bagian kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernafas. Sepanjang manusia ingin hidup maka ia perlu berkomunikasi. Wilbur Schramm menyebut bahwa komunikasi dan masyarakat adalah dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi (Schramm; 1982). Menurut teori dasar biologi manusia ingin berkomunikasi dengan manusia lainnya itu karena adanya dua kebutuhan, yakni kebutuhan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dan kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Komunikasi antarpribadi merupakan medium penting bagi pembentukan atau pengembangan pribadi dan untuk kontak sosial. Melalui komunikasi kita tumbuh dan belajar, kita menemukan pribadi kita dan orang lain, kita bergaul, bersahabat, menemukan kasih sayang, bermusuhan, membenci orang lain, dan sebagainya. Komunikasi tidak lain merupakan interaksi simbolik. Manusia dalam berkomunikasi lebih pada memanipulasi lambang-lambang dari berbagai benda. Semakin tinggi tingkat peradaban manusia semakin maju orientasi masyarakatnya terhadap lambang-lambang.

Buku ini sangat cocok dijadikan buku pegangan untuk matakuliah Teori Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi dan sejenisnya, serta bagi siapa saja yang tertarik dengan teori komunikasi. Dalam buku ini dijelaskan berkaitan dengan latarbelakangn teori, pengertian, asumsi teori dan aplikasinya, kesemuanya dibahas secara detail dan koprehensif. Diharapkan setelah membaca buku ini dan mempraktekkannya, pembaca akan semakin paham tentang teori komunikasi dan mengaplikasinya dengan baik dalam kehidupannya.

Akhir kata, buku ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat berarti bagi penulis.

Penulis


Pupular Posts:
  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dimana saya bisa mendapatkan buku ini..saya di kalimantan barat.trimakasih.