Jumat, 21 Desember 2012

Pelangi di Negeri Dongeng - Rumah Kreatif Salsabila Bontang

Kegiatan menulis, pada dasarnya merupakan kegiatan yang baik dilakukan oleh anak. Dengan menulis, kreativitas anak dapat ditingkatkan. Selain itu pula,dengan menulis seorang anak ibarat membenamkan diri dalam proses kreatif. Karena ketika ia menulis, itu berarti anak menciptakan sesuatu, yang juga berarti melontarkan pertanyaan-pertanyaan, mengalami keraguan dan kebingungan, sampai akhirnya menemukan pemecahan. Dan ketika proses kreatif tersebut semakin dilatih, anak akan semakin mudah untuk mengalihkan keahliannya kepada bidang lain yang juga membutuhkan solusi kreatif, seperti sekolah maupun kegiatan-kegiatan lainnya.

Mengingat banyaknya manfaat kegiatan menulis bagi anak, budaya menulis tentu perlu ditumbuhkembangkan. Untuk itu, pertama-tama, tumbuhkan dulu kecintaan dan kebiasaan anak dalam hal membaca. Dengan banyak membaca, rasa kebahasaan anak akan berkembang.
Ketika anak baru memulai menulis, tidak perlu mengajarkan tata bahasa pada anak. Karena secara alami, anak akan belajar berbicara dari bahasa yang mereka dengar. Anak juga akan belajar menulis dalam bahasa yang mereka baca, tentunya bila mereka banyak membaca karena buku adalah masukan untuk tulisan yang baik.

Menuntut kesempurnaan tulisan anak adalah kerangka berpikir yang buruk untuk menjadikannya seorang penulis. Tidak hanya menyingkirkan kreativitas dan keceriaan, hal tersebut juga bisa menimbulkan kelumpuhan besar bagi penulis. Gunakan kata-kata pujian sebagai cara yang efektif untuk memotivasi anak dalam menulis.

Demikian pula, membaca buku ke-7 karya siswa-siswi SDIT Asy Syaamil juga beberapa penulis tamunya, “Pelangi Cerita di Negeri Dongeng”, kendati bahasanya lugu dan sederhana, tapi apa yang telah mereka tuangkan dalam cerita bergambar ini patut diapresiasi, dipublikasikan sebagai sebuah karya yang unik dan menarik. Untuk itu selamat dan terus berkarya anak-anak, bumi Bontang menanti karya-karya kalian untuk terus memotivasi… Sukses selalu…


Bontang, Desember 2012
Bapak Ma’ruf Effendy, A.Md (Wakil Ketua DPRD Kota Bontang)


Pupular Posts:
  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal

0 komentar: