Minggu, 03 Februari 2013

METODOLOGI PENELITIAN - Drs.P. Manurung, M.Pd.


Kegiatan Penelitian Ilmiah dalam rangka pemenuhan kebutuhan ilmu maupun teknologi inovatif pada akhirnya tidak bisa dihindari. Kehadirannya dalam seiap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sama pentingnya dengan munculnya berbagai perubahan dalam kehidupan manusia. Sayangnya, penelitian ilmiah sering dianggap hanya milik kelompok tertentu sehingga tidak banyak orang yang mampu melakukannya.

Padahal setiap kegiatan manusia senantiasa menuntut pembaharuan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi inovatif, sehingga setiap orang yang melakukan kegiatan tertentu seyogianya mampu melakukan penelitian ilmiah.

Buku ini belum merupakan pembahasan yang lengkap tentang langkah-langkah atau prosedur sebuah penelitian ilmiah, melainkan hanya mencuplik sedikit dari hal-hal pokok dari metode penelitian yang luas dan mendalam. Meskipun demikian, langkahlangkah pokok pelaksanaan penelitian ilmiah berikut dengan contohnya telah disajikan secara sederhana dan mudah dimengerti dalam buku ini. Dengan langkah-langkah sederhana dan contoh itu, para calon peneliti dapat merencanakan dan melaksanakan penelitian ilmiah untuk mendapatkan pengetahuan baru atau inovasi ipteks.

Tujuan pokok disusunya buku ini adalah sebagai perangsang bagi siapa pun untuk lebih mendalami metodologi penelitian secara lebih intensif yaitu melalui sumber-sumber yang sebagian besar di antaranya dijadikan acuan dalam menyusun buku ini.

Dalam edisi bentuk buku kali ini sengaja ditambahkan sekelumit mengenai teknik analisis data penelitian sehingga edisi ini diharapkan lebih lengkap dari edisi sebelumnya yang hanya berupa diktat sebagai bahan ajar mata kuliah Metodologi Penelitian di Perguruan Tinggi.

Akhir kata, bila pembaca telah tergerak dan termotivasi untuk memulai mendalami hal-ikhwal mengenai metode penelitian secara sistematis, maka tujuan penulisan buku ini sebagian besar telah tercapai.

Medan, Desember 2012
Penulis,

0 komentar: