Minggu, 03 Februari 2013

Penulisan Karya Tulis - Drs. Sanggup Barus, M.Pd.


Realitas menunjukkan bahwa pada masa kini budaya yang mengutamakan kelisanan secara perlahan-lahan sudah mulai beralih ke arah budaya yang mementingkan keberaksaraan. Artinya, secara lambat laun manusia masa kini sudah menuju ke peradaban yang mengandalkan komunikasi tulis yang dapat menempuh jarak tempat beribu-ribu kilometer dan menempuh waktu beratus-ratus tahun yang akan datang. Dalam banyak hal, yang tersurat telah dianggap orang lebih berbobot sebagai bukti daripada yang diucapkan.

Oleh karena itu, kompetensi menulis sangat penting dan benar-benar dibutuhkan oleh siapa saja pada masa kini untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, kompetensi menulis tidak mungkin dapat dikuasai hanya melalui teori karena kompetensi itu bersifat mekanistik. Kompetensi tersebut hanya dapat dimiliki melalui berlatih secara kontinu dan mendapat bimbingan secara teratur.

Karena menyadari hal itu, penulis termotivasi untuk menulis buku Penulisan Karya Tulis ini. Dalam buku ini dibahas cara menulis bermacam-macam karya tulis dan setiap uraian pembahasan diakhiri dengan penyajian tugas dan latihan. Tujuannya ialah agar mahasiswa atau siapa saja yang belajar menulis dengan menggunakan buku ini, dapat terbina untuk meningkatkan kompetensi menulisnya dan terlatih menulis berbagai karya tulis.

Mungkin saja buku ini tidak luput dari kekurangannya. Oleh karena itu, saran yang konstruktif demi penyempurnaan isinya akan disambut dengan senang hati. Kalau buku ini dapat membantu mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahannya dan pembaca yang ingin meningkatkan kompetensi menulisnya, maka tujuan penulis sudah tercapai.

Akhirnya, penulis bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang atas kasih karunia-Nya sehingga penulis dapat meyelesaikan penulisan buku ini. Penulis juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berjasa memberi bantuan dan motivasi kepada penulis sehingga penulisan buku ini dapat dirampungkan.


Medan, September 2012
Penulis,
Drs. Sanggup Barus, M.Pd.

0 komentar: