Sabtu, 25 Januari 2014

TRI SUTRISNO - ASUPAN PSIKOLOGIS ANAK MELALUI KONSELING - PENERBITAN BUKU AJAR

Puji syukur wajib rasanya dihaturkan kepada Tuhan Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat kasih sayang-Nya penulis dapat menyelesaikan buku ke-dua di bidang konseling, dengan judul Asupan Psikologis Anak Melalui Konseling. Lagi-lagi Penulisan buku ini di dasarkan pada hasil analisis kebutuhan akademik dalam meningkatkan  kualitas kompetensi mahasiswa program studi (BK) bimbingan konseling dan (PGSD) Pendidikan Guru Sekolah Dasar  selaku subjek pembelajar dan calon pembimbing. Buku ini juga dipandang penting bagi orang tua guna sebagai pedoman dalam membina anak sebagai peletak dasar pondasi akhlaq ditengah maraknya dekadensi moral.
Usia anak-anak merupakan perjalan pada perkembangan seseorang kearah usia remaja, hampir semua orang yang telah berusia remaja, dewasa, dan lanjut usia mesti pernah menjalani masa anak-anak. Dalam berbagai wacana masyarakat yang tengah berkembang, usia anak-anak dari PAUD hingga SD cukup menentukan kualitas dirinya setelah memasuki usia selanjutnya. Jika ada remaja yang memiliki kualitas pribadi yang baik, maka bisa disebabkan karena dampak pembinaan yang dilakukan sejak usia anak-anak, begitu sebaliknya mereka (remaja) yang memiliki kualitas pribadi kurang baik, seringkali mereka kurang dalam pembinaan yang serius sejak usia anak-anak, sehingga wajar banyak kalangan ahli berpendapat bahwa masa anak didevinisikan sebagai masa golden age (masa emas).
Masa anak-anak cukup membingungkan terhadap orang tua. Pada masa tersebut mulai tampak mengenai potensi/kelebihan dan atau kelemahan yang dimiliki anak. Banyak orang tua yang mengeluh tentang anaknya, mulai dari sikapnya yang aneh, kadang hiperaktif, sering berbuat gaduh dan emosional berlebihan jika kemauannya tidak dipenuhi, cepat marah, saat tidur mengigau bahkan beraktifitas diluar kesadaran (saat tidur), dan mereka tidak pernah lelah meskipun seharian bermain. Tetapi ada juga orangtua yang sering memuji anaknya di depan umum, kerena kepintarannya menggambar, bernyanyi, bahkan pemberani (PD), dsb. Respon tersebut memang betul-betul terjadi pada anak dan dirasakan oleh orang tua. Orang tua yang melihat kelebihan anaknya merasa bangga, padahal bangga saja belum cukup karena kelebihan menjadi sia-sia apabila tidak diarahkan dan tidak dikembangkan. Sedangkan orang tua yang pernah melihat kelemahan anaknya akan merasa kawatir dengan masa depannya.
Sejalan dengan karakteristik anak tersebut, dibutuhkan pendampingan khusus terhadap mereka untuk membantu orang tua dalam memberikan pembinaan, pengarahan, pengembangan dan pembimbingan yang intensif kepada anak. Figur yang cocok untuk tugas demikian adalah guru bimbingan konseling atau konselor.
Guru BK di SD mutlak untuk diberdayakan sebagai insan pembimbing di bidang layanan konseling. Mereka di tuntut untuk memberikan asupan psikologis/pembinaan melalui pendekatan psikolgis kepada anak. Tugas konselor bukan hanya melaksanakan administrasi sekolah, melainkan sebagai tempat curhat dan konsultasi orang tua mengenai anaknya.
Buku Asupan Psikologis Anak Melalui Konseling, merupakan referensi konselor ataupun calon konselor dalam melaksanakan pelayanan konseling kepada anak, sehingga menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD dan mahasiswa BK. Buku ini juga penting bagi orang tua, karena keluarga merupakan tempat pembinaan pertama dan utama bagi anak, sehingga ada bab khusus yang banyak menjelaskan peranan keluarga terhadap pembinaan anak.
Untuk lebih jelasnya, pembaca dapat melanjutkan membaca bab demi bab sehingga menghasilkan pemahaman utuh. Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih kepada Halaman Moeka Publishing yang bersedia untuk menerbitkan buku ini. Harapan penulis, semoga hadirnya buku Asupan psikologis anak melalui konseling, memberi manfaat khususnya calon konselor sebagai pelaku terdepan dalam layanan bimbingan konseling dan para orang tua pada umumnya.

Sumenep, 01 Januari 2014
Penulis

Tri Sutrisno
tri.sutrisno51@yahoo.com


Popular Posts:

  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal
  10. Jasa Penulisan Biografi

0 komentar: