Rabu, 17 September 2014

DR. M. Hasyim Mi’radje - Kajian Optimalisasi Obyek Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur

Bismillahirrahmanirrahim, dengan mengucapkan Alahamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian dan penulisan hasil  penelitian mandiri sebagai peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang berjudul: Kajian Optimalisasi Obyek Pariwisata dan Kepuasan Pengunjung dalam mendukung Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Kalimantan Timur.

Word Tourism Organization (UN-WTO) dalam memperingati Hari Pariwisata Dunia, 27 September 2012  secara resmi  menetapkan tema “Pariwisata dan Energi Berkelanjutan: Menghidupkan Pembangunan Berkelanjutan (Tourism and Sustainable Energy – Powering Sustainable Development)” 

Tema peringatan Hari Pariwisata Dunia 2012 ini sangat sesuai dengan arah pembangunan kepariwisataan nasional yang tertuang dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS)  2010-2025 yang menegaskan bahwa; arah pembangunan kepariwisataan nasional  dilaksanakan berdasarkan prinsip pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan; berorientasi pada upaya peningkatan pertumbuhan, peningkatan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan, serta pelestarian  lingkungan. 

Penerapan sustainable tourism development akan di terapkan dalam program prioritas pengembangan produk pariwisata minat khusus di Provinsi Kalimantan Timur (wisata budaya dan sejarah, wisata alam dan ecowisata, wisata olahraga rekreasi seperti menyelam) dengan mengoptimalkan potensi keragaman budaya dan keindahan alam yang dimiliki masyarakat setempat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka melestarikan kekayaan alam dan budaya serta memberikan kesejahteraan masyarakat.

Penulis menyadari sepenuhnya akan segala keterbatasan dan kekurangan yang dimiliki, walaupun telah diusahakan semaksimal mungkin, tetapi masih sangat dirasakan kekurangan itu. Oleh karenanya, penulis dengan penuh keikhlasan mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, semoga tulisan ini membawa  manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.


Samarinda,   Maret  2014
Penulis,

M. Hasyim Mi’radje



Popular Posts:
  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal
  10. Jasa Penulisan Biografi

0 komentar: