Jumat, 04 September 2015

PAKETIN-MAN (Pembelajar Aktif yang Kreatif, Efektif, Tangguh, Inovatif, dan Mandiri): Drs Rudi Afriazi, M., Ed.

Belajar (pembelajar aktif) yang sering juga disebut Active Learning sudah lama disebut-sebut bahkan sudah pula diterapkan di sekolah-sekolah dengan berbagai nama seperti CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif), PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), dan ALIHE (Active Learning in Higher Education). Namun banyak pendidik (dosen/guru) belum memahami dengan baik Active Learning dilihat dari sisi mahasiswa dan siswa. Bahkan semua mahasiswa dan siswa sama sekali tidak mendapat sosialisasi mengenai Active Learning.

Lalu apa yang dimaksud dengan Active Learning tersebut? Bagaimana proses belajar dan pembelajaran dengan pendekatan Active Learning. Lalu apa pula yang dimaksud dengan PAKETIN-MAN (Pembelajar Aktif yang Kreatif, Efektif, Tangguh, Inovatif, dan Mandiri) dan “selebriti” kampus/sekolah? Kemudian apa saja strategi agar bisa menjadi seorang PAKETIN-MAN dan “selebriti” kampus/sekolah?

Jawaban dari semua pertanyaan tersebut di atas akan dapat ditemukan dalam buku ini. Bahkan buku ini dilengkapi pula dengan contoh-contoh Active Learning di luar negeri, perkembangan Active Learning dari dulu sampai sekarang, serta hal-hal yang harus dihindari oleh seorang PAKETIN-MAN, serta berbagai informasi bermanfaat lainnya.


Buku ini bisa diperoleh melalui penulis Drs Rudi Afriazi, M., Ed. di: rudiafriazi@yahoo.co.id atau 081367591262


0 komentar: