Rabu, 18 November 2015

Membangkitkan Profesionalisme Guru: Drs. ISMAIL. M.Pd

Menuju pembangunan nasional dan membentuk manusia unggul kekinian di kancah percaturan lingkup Asia, sumber daya manusia yang potensial mutlak diperlukan. Oleh karena itu, bidang pendidikan akan sangat berperan di dalamnya. Dalam dunia pendidikan belajar dan pembelajaran tidak hanya terjadi di sekolah saja, tetapi di tiga pusat yang lazim dikenal dengan tri pusat pendidikan. Tri pusat pendidikan adalah tempat di mana anak mendapatkan pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan keluarga (informal), sekolah (fomal) maupun masyarakat (nonformal). Seseorang dikatakan belajar jika dalam dirinya terjadi aktivitas yang mengakibatkan perubahan tingkah laku dan dapat diamati relatif lama.

Berdasarkan Ketetapan MPR RI Nomor VI/MPR/2001 tentang etika kehidupan berbangsa, dinyatakan bahwa tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia yang bermutu adalah terwujudnya sistem pendidikan yang berkualitas dengan paramater melahirkan sumber daya manusia yang handal, berakhlak mulia, mampu bekerjasama dan bersaing di era globalisasi dengan tetap mencintai tanah air (Sekretariat Jendral MPR RI 2001: 52).

Untuk menjawab tantangan dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, maka sektor pendidikan perlu mendapat prioritas penanganan. Sistem pendidikan akan berjalan lancar dan sukses menuju tujuan mana kala salah satu faktor penting adalah faktor pendidikan yakni guru atau pendidik mendapat penanganan serius.
Keberhasilan pendidikan dalam melaksanakan perannya akan ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kompetensi guru didalam melaksanakan tugas-tugas kependidikannya. Oleh karena itu, dapat dipahami apabila peran dan kedudukan guru kerapkali dikaitkan dengan maju mundurnya kualitas pendidikan.

Pemerintah telah berusaha keras memperhatikan peran dan keberadaan guru, yakni telah lahirnya Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dinyatakan dalam Undang-undang tersebut bahwa guru dan dosen mempunyi fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional khusunya dalam bidang pendidikan, sebagaimana dimaksud dalam UU, pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur dan beradab, berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dengan demikian, sudah selayaknya bagi setiap guru untuk selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. D iantara sekian banyak kompetensi guru, salah satunya ialah tentang kemampuan guru dalam hal pengelolaan kelas yaitu, suatu kemampuan yang dideskripsikan sebagai upaya guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Dalam proses belajar, setiap siswa harus diupayakan untuk terlibat secara aktif guna mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini memerlukan bantuan dari guru untuk memotivasi dan mendorong agar siswa dalam proses belajar terlibat secara totalitas. Guru harus menguasai baik materi maupun strategi dalam pembelajaran.

Dapat disimpulkan,  proses peningkatan mutu pendidikan, guru mempunyai peran yang sangat penting. Banyak faktor yang menentukan kualitas pendidikan, namun salah satu faktor penting paling dominan adalah guru. Guru yang mampu meningkatkan mutu pendidikan adalah guru yang berkualitas. Tanpa guru yang baik, sulit diharapkan pendidikan akan mencapai tujuan akhir.

Buku yang berjudul Membangkitkan Profesionalisme Guru ini, diharapkan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa depan. Di dalamnya tertuang beberapa upaya peningkatan profesionalisme guru yang dilengkapi dengan strategi yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran. Tulisan ini menjadi salah satu referensi tentang pemikiran kualitas guru, karena sudah selayaknya untuk membangun aspek pendidikan, semuanya harus memikirkan dan menghadirkan ide serta gagasannya secara tertulis.
 Saya menyambut baik karya Saudara Drs. Ismail, M.Pd, yang telah berhasil menulis dan diterbitkannya buku perdananya ini. Dengan karya ini, saya berharap beliau menjadi dipercaya dalam membangun pendidikan disektor tenaga pendidik/Guru. Buku ini sangat bermanfaat bagi para guru (khususnya guru SD) dalam upaya meningkatkan kompetensinya menuju guru professional.

Harapan saya kepada penulis agar tidak berhenti untuk terus berkarya, selalu mengembangkan dan menyebarluaskan pemikirannya mengenai pendidikan, karena keterampilan inilah yang dibutuhkan anak bangsa saat mereka berada di sekolah.

Buku ini semoga menjadi salah satu rujukan kajian bagi guru. Untuk mengembangkan dan menambah khasanah pengetahuan yang lebih mendalam, masih banyak karya tulis yang hendak dikuasai oleh figur guru untuk meningkatkan kemampuannya sebagai pendidik yang sejati. Saya mengucapakan selamat membaca, dan mudah-mudahan pembaca dapat memetik kebermanfaatan buku ini.


Surabaya,  Agustus 2015
Prof. Dr. Muhari, M.Pd



Popular Posts:
  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal
  10. Jasa Penulisan Biografi

0 komentar: