Selasa, 23 Februari 2016

A. M. Sangadji: Menuju Indonesia Merdeka - Sam Habib Mony


SAMBUTAN SEJARAWAN MALUKU
PROF. DRS. J. A. PATTYKAIHATU

  • Abdul Muthalib Sangadji adalah salah satu dari para pejuangdan perintis kemerdekaan Indonesia dari daerah Maluku.
  • Ia lahir dari keluarga besar Sangadji di Pulau Haruku MalukuTengah, menamatkan pendidikan dasar pada sekolah BelandaH.I.S dan pendidikan menengah MULO. Abdul tidak lagimelanjutkan studi lebih tinggi dan segera terjun dalam duniapolitik. Ia masuk organisasi politik Serikat Islam (SI) danbergabung dengan kedua tokoh politik SI yaitu Haji Agus Salimdan H.O.S Tjokroaminoto.
  • Di Serikat Islam (SI) Abdul Muthalib terkenal sebagai juruPidato yang ulung dalam menggerakkan semangat perjuangankemerdekaan. Setelah H.O.S. Tjokroaminoto meninggal duniamaka Serikat Islam mulai retak. A.M. Sangadji dan Agus Salimmengundurkan diri dan mendirikan Penyadar sebagai suatupartai baru. Partai baru ini diperkuat tokoh-tokoh muda sepertiSarjan dan Moehammad Roem. Abdul kemudian pindah keMakassar dan Samarinda (Kalimantan). Di kedua tempat ini iaterus mengobarkan semangat perjuangan dan pidato-pidatonyadinilai Pemerintah Belanda sangat berbahaya.
  • Ia ditangkap dan dipenjarakan, kemudian dilepaskan daripenjara dan ikut lagi dalam perjuangan pada revolusi fisik.Bersama tokoh-tokoh pejuang lainnya, A.M. Sangadji pindahke Yogyakarta dan berjuang di sana. Di ibukota perjuanganini, ia meninggal sebagai seorang pejuang, dan PemerintahRepublik Indonesia menghargai jasa-jasanya sebagai salahseorang pejuang dan perintis kemerdekaan.
  • Sejarah mencatat bahwa A.M. Sangadji adalah tokohpejuang kemerdekaan yang dimulai dari periode sejarahpergerakan nasional, periode revolusi kemerdekaan, (RevolusiFisik) bersama-sama dengan rekan-rekannya yaitu H.O.S.Tjokroaminoto dan Haji Agus Salim. Mereka berjuang tanpapamrih melawan penjajah Belanda dan melahirkan NegaraIndonesia. Kedua rekannya telah lama ditetapkan sebagaipahlawan kemerdekaan nasional oleh pemerintah RepublikIndonesia. Apakah A.M. Sangadji terlupakan?
  • Semoga tidak, setelah menilai sejarah perjuangannya yangdilacak oleh Saudara Sam Habib Mony data-data historis berupahasil wawancara dengan para tokoh nasional dan beberapa bukudan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tokoh A.M.Sangadji yang disusun dalam bentuk buku ini setelah diedituntuk penyempurnannya.
  • Semoga semangat perjuangan A.M. Sangadji yang mengilhamipenulis buku ini dan kami semua untuk memperjuangkanbeliau, sebagai seorang pahlawan formal oleh PemerintahRepublik Indonesia.

Ambon, November 2015

PROF. DRS. J.A. PATTYKAIHATU



Popular Posts:
  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal

0 komentar: