Senin, 02 Mei 2016

Masalah-Masalah Operasi Bandara - Drs Muhammad Resky, MSi

Buku ini berisikan tiga puluh tigabuah tulisan saya yang sudah dimuat di Majalah Populer, Majalah Ilmiah, Tabloid Penerbangan dan Jurnal Ilmiah dari tahun 2000sd 2015.  Adapun ide membuat buku ini datang dari teman-temanpengajar STPI Curug Program Studi D3 Operasi Bandara (OBU) terutama bapak Solihin, S.Ap, MSikarena Prodi OBU masih kekurangan buku referensi mengenai Airport Operation dan kalaupun ada masih terbitan luar negeri dan dalam Bahasa Inggris.

Pertama-tama penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Dekan Fakultas Pariwisata Dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang, bapak Drs Zalzulifa, MPd yangberkenan memberikan kata pengantar dalam buku ini. Kepada teman-teman dari Jurusan Penerbangan Fakultas Parinkraf, penulis juga mengucapkan terima kasih atas dukungannya.

Buku ini juga untuk mata kuliah Airport Operation Program D1 dan D3 Program Studi Groundhandling Dan Cargo, Fakultas Parinkraf Universitas Muhammadiyah Tangerang.  Terakhir, kepada penerbit Halaman Moeka, penulis mengucapkan terima kasih atas diterbitkannya buku ini. Mudah-mudahanbuku ini bermanfaat, terima kasih dan Wassamualaikum

Tangerang, 10 Mei, 2015,
Muhammad  Resky



KATA  PENGANTAR
Drs Zalzulifa, MPd
Dekan Fakultas Pariwisata Dan Industri Kreatif
Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Buku yang berjudul Masalah-Masalah Operasi Bandara ini merupakan kumpulan tulisan yang di karang oleh bapak Drs Muhammad Resky, MSi dan merupakan buku pertama yang dihasilkan oleh dosen Jurusan Penerbangan Fakultas Pariwisata Dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang. Adapun isi dari buku ini memuat antara lain peran dari unit-unit Operasional Bandara terutama di Bandara Internasional Soekarno Hatta tempat ybs berdinas selama 25 tahun dan 10 tahun di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Adapun unit-unit yang berperan dalam Operasional Bandara antara lain unit Sentra Operasi Terminal dimana unit ini berfungsi untuk menyiapkan parkir pesawat yang datang dan ruang tunggu penumpang. Unit Airport Information selain berfungsi sebagai tempat bertanya publik dan penumpang, juga berperan sebagai Customer Service bagi yang mempunyai masalah di bandara. Apron Movement Control adalah unit yang mengawasi kawasan Apron selain melayani operasional Garbarata, unit Terminal Inspection berfungsi dalam menjaga kebersihan dan ketertiban bandara. Sedangkan Unit Airport Security dan Airport Safety berfungsi dalam Pengamanan Dan Keselamatan Penerbangan di Bandara.Officer In Charge pula dalam tugasnya bertindak sebagai kepala bandara di luar jam kantor dan pada hari-hari libur.

Selain peran dari unit-unit Operasional Bandara, buku ini juga membahas peran dari Air Traffic Control dalam mengatur pesawat dan juga peran dari Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina dimana unit CIQ ini merupakan persyaratan penting bagi bandara internasional untuk penerbangan internasional. Disamping itu, penulis juga membahas mengenai masalah Pariwisata dalam tulisannya “Keberhasilan Pariwisata Malaysia” dimana negara jiran kita itu berhasil menggait wisatawan asing ke negaranya dengan semboyan “The Truly Asia”. Dalam tulisannya “Tangerang dan Soekarno Hatta” penulis juga memaparkan hubungan antara Pemerintah Tangerang dan status Bandara Soekarno Hatta dimana bandara Soekarno Hattalah yang membuat kota Tangerang ini maju yaitu dari kota Administratif menjadi Kota Metropolitan, sama dengan Jakarta dan Bandung, tetapi sayangnya objek-objek wisata yang terdapat di KotaTangerang ini belum tertata dengan rapih.  

Buku ini juga membahas masalah profesionalisme dan generalisme dan gelar profesi dan akademik dimana gelar akademik lebih popular dari gelar profesi karena gelar profesi mempunyai tanggung jawab yang lebih berat dari gelar akademik.Sekarang ini gelar akademiklah yang dikejar seperti S2 dan S3 karena sangat diperlukan untuk meraih jabatan struktural termasuk juga dalam dunia akademik.Sedangkan gelar profesi merupakan pengakuan atas kecakapannya dalam suatu bidang tertentu terutama dalam dunia penerbangan.Profesionalisme dalam dunia penerbangan selain membutuhkan gelar profesi, juga dibutuhkan pengalaman (jam terbang) dan lisensi kecakapan.

Akhirnya saya menyambut baik buku yang dikarang oleh bapak Muhammad Resky ini untuk mata kuliah Airport Operation di Program Studi Groundhandling Dan Cargo, Jurusan Penerbangan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif UMT dan semoga buku ini juga dapat menjadi pemicu bagi dosen-dosen lain baik di Jurusan Penerbangan, Jurusan Pariwisata dan Jurusan Industri Kreatif untuk membuat buku di bidangnya masing-masing dan paling tidak tulisan baik berupa jurnal maupun artikel.

Tangerang, 18  Mei 2015,
Drs Zalzulifa, MPd
Dekan Fakultas Pariwisata Dan Industri Kreatif
Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Buku ini bisa didapatkan melalui penulis di: Muhammad Resky <ekkym58@gmail.com>




0 komentar: