Minggu, 17 Juli 2016

Muh. Ikhsan: Gugah Potensi - Cara & Sarana Praktis Bagi Pencapaian Kualitas Peserta Didik

KATA PENGANTAR
Sebelum berpulang ke Rahmatullah dan setiap orang pasti akan mengalaminya, serta sepanjang masih hidup dan bergerak dalam ikatan ruang dan waktu dunia, AL-Hamdulillahi Rabbil Alamiin adalah salah satu kalimah yang pantas senantiasa terpatri dalam benak kita masing-masing khususnya penulis atas selesainya desain praktis analogis karangan ini yang berjudul “Gugah Potensi, cara dan sarana praktis bagi pencapaian kualitas akademik peserta didik”. Seraya tak lupa mengirim salam kepada Rasulullah Muhammad SAW. Karena melalui Beliaulah konsepsi ilmu pengetahuan yang sebenar-benarnya mengandung kebenaran yang tidak memiliki keraguan.

Disebut konsep praktis yang berfungsi analogis, karena sebagian bahasan yang tercakup di dalamnya masih bersifat analogis namun praktis dalam arti bersifat sederhana dan mudah dilakukan meskipun menggunakan pendekatan matematis terkait penjabarannya. Dengan demikian kebenaran yang dikandungnya masih bersifat relatif. Sedaya upaya penulis usahakan untuk sampai kepada kebenaran universal, tetapi demikian itulah kualitas nilai-nilai potensi penulis miliki dan demikian itulah batas derajat kompetensi yang dapat penulis tuangkan dengan tujuan untuk menggugah potensi dalam rangka mencapai kualitas nilai-nilai keilmuan peserta didik.

Bahwa sumber kemampuan manusia dalam arti peserta didik yang bersifat permanen adalah fitrah atau Ahmad Amin, (1987) menyebutnya natuur pertama kemudian dalam tulisan ini disebut potensi yang siap berkembang dan diyakini mengandung nilai potensi atau natur kedua yang tercakup di dalamnya kualitas nilai-nilai yang bersifat tumpang tindih antara satu nilai dengan lainnya. Termasuk watak dan karakter juga terliput di dalamnya.

Agar potensi tersebut dapat berkembang baik, maka jalan yang pantas dilalui pertama kali adalah layanan pendidikan atau proses pembelajaran akademik. Bahwa istilah peserta didik tersebut
Gugah Potensi,
Cara dan Saran Praktis bagi Pencapaian Kualitas Akademik Peserta didik dipergunakan karena maknanya mencakup semua orang yang ingin mengembangkan potensinya dan tidak mengenal batas usia. Demikian pula dengan istilah layanan pendidikan dipergunakan karena cakupannya serba merembes, tidak hanya terbatas pada ruang dan waktu sekolah tetapi penyelenggaraan pendidikan dalam arti luas, dan khususnya kepada guru karena memang tugas utamanya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didiknya, yaitu mencakup segala aspek yang melingkupi peserta didik tersebut termasuk bersedia meluangkan waktu diluar jam wajib di sekolah dalam rangka transformasi dan pembelajaran akademik yang menggunakan ilmu pengetahuan sebagai landasannya. Lebih jauh dari itu bahwa makna layanan pendidikan dan peserta didik dalam rangka mencari ilmu tidak mengenal batas waktu. Artinya, bahwa layanan pendidikan dan peserta didik dalam tulisan ini hanya dibatasi oleh ruang dan waktu liang lahat, bukan dibatasi oleh ruang dan waktu rumah ke sekolah atau sebaliknya dari sekolah kembali ke rumah.
Tulisan ini digagas dengan tujuan untuk menggugah potensi peserta didik dalam rangka pencapaian kualitas nilai-nilai keilmuan melalui system akademik. Peserta didik, tidak hanya yang belajar di bangku sekolah akan tetapi siapapun orang yang sedang belajar. Oleh karena itu tulisan ini cocok bagi siapapun utamanya kepada mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.

Terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada Penerbit HALAMAN MOEKA yang bersedia menerbitkan sekaligus menyebarluskan karangan ini.
Terakhir, Terima kasih yang tak terhingga dan ikhlas penulis sampaikan kepada kedua orang tua penulis, Bapak Ibrahim Bin Samaila dan Ibunda Siti Hasanah Binti Lira yang selama ini mendidik dan membesarkan penulis sehingga tahu secuil makna sesuatu yang bermanfaat lagi bernilai baik. Tak lupa, Adik-adikku yang tercinta Iwan, Arsyid (Alm) Rahma (Almh) Jamil, Junaid, Anak kemanakanku Hendra dan Hendri. Melalui tulisan ini, teriring do’a Ummul Kitab buat kedua adik yang telah lebih dulu dipanggil Yang Kuasa Allah Swt. dan buat adikku yang masih hidup melalui tulisan ini pula kanda sampaikan teruslah berjuang demi seberkas cahaya penerang hidup
Gugah Potensi, Cara dan Saran Praktis bagi Pencapaian Kualitas Akademik Peserta didik
dan semoga tulisan ini mengandung setitik kebenaran sehingga menjadi ladang kebaikan buat kita semua. Terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada istri dan anakku tercinta, Sitti Raodah, S.Pd., dan Saadillah Yusuf Al Ghifari buah hati kami yang pertama, tiada yang dapat saya berikan kepadamu anakku selain karangan singkat ini. Bapak hanya menaruh harapan kepada Allah Swt. Semoga tetap melindungi dan memenuhi segala kebutuhan kita semua, Amin.
Dan kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan namanya satu per satu yang telah memberikan sumbangan pemikiran inovatif sehingga tulisan ini dapat terselesaikan dengan baik.
Semoga tulisan tangan ini menorehkan sesuatu yang bermanfaat, meskipun eksistensinya masih jauh dari kebenaran dan kesempurnaan. Dan dalam rangka mereduksi ketidakbenaran untuk menuju kebenaran yang bersifat universal dan ketidaksempurnaan untuk mendekati kesempurnaan, maka kritik dan saran atau masukan yang membangun, kepada semua pihak sangat diharapkan.

Bontang, 01 Januari 2016
Penulis


Info lainnya:
  1. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  2. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  3. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  4. Jasa penyuntingan/editing naskah
  5. Jasa tata letak/layout naskah
  6. Jasa desain sampul/cover buku
  7. Jasa ilustrasi buku
  8. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  9. Cetak buku massal
  10. Jasa Penulisan Biografi 

0 komentar: