Senin, 16 Januari 2017

NEGARA HUKUM DAN PENGUJIAN KONSTITUSIONAL (CONSTITUTIONAL REVIEW) DALAM TEORI DAN PRAKTIK DI INDONESIA - Dr. Isharyanto, S.H., M.H.

Buku ini mencoba menelaah relasi antara Negara Hukum sebagai salah satu prinsip sistem politik modern dengan eksistensi dan praksis pengujian konstitusional oleh Mahkamah Konstitusi di Indonesia. Berdasarkan ketentuan Pasal 24C ayat (1) dan (2) UUD 1945, maka ada beberapa hal terkait dengan kewenangan Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga pengujian konstitusional, antara lain menguji undang-undang terhadap UUD 1945. Sedangkan yang menjadi fungsi dari lembaga MK dalam sistem ketatanegaraan Indonesia berdasarkan UUU 1945 adalah membangun dan mewujudkan Negara hukum Indonesia yang demokratis.

Buku ini sangat penting untuk dibaca bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, praktisi peradilan, penegak hukum, pegiat LSM, dan pemangku kepentinhgan lain dalam rangka pengenalan dan pemahaman substantif terhadap masalah pengujian konsttiusional.


0 komentar: