Senin, 29 Oktober 2018

One country two system - Dr Isharyanto

Menarik untuk mengamati sistem politik yang unik sebagaimana dipraktikkan di Hong Kong dan Macau. Sebagai bagian dari wilayah Republik Rakyat China (RRC), keduanya menjalankan sistem politik dan ekonomi yang berbeda dengan induknya. Status mereka dijamin oleh Undang-undang Dasar Hong Kong (Hong Kong Basic Law, HKBL) dan Undang-Undang Dasar Macau (Macau Basic Law, MBL), yang masing-masing dilihat oleh para ahli sebagai konstitusi mini  dan pelindung hukum utama otonomi mereka.

Walaupun memiliki status yang sama, namun keduanya mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang tidak sama, termasuk relasi dengan RRC, bangun sistem politik dan ekonomi, dan masa depan konstitusionalisme mereka. Pada titik ini, akan terbuka isu yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Buku ini adalah percobaan awal untuk pengkajian tersebut.

Buku ini ditujukan terutama kepada dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta peminat konstitusi dan hubungan internasional.


_____________________________________________-
Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum. Pengajar S1, S2, dan S3 di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Menyelesaikan pendidikan sarjana hukum (UGM, 2001), magister hukum (UGM, 2003), dan doktor ilmu hukum (UNS, 2014). Pernah mengikuti Sandwich Like Program (Utrecht University, 2012) dan aktif sebagai analis hukum dan konstitusi di sejumlah media dan televisi lokal. Menjadi peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Konstitusi dan Hak Asasi Manusia (P3KHAM), pengurus pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara (2016-2021), anggota Asosiasi Pengajar Hukum Acara Mahkamah Konstitusi (2016-sekarang), dan konsultan pemerintahan dan otonomi di sejumlah kabupaten kota.

Popular Posts:


  1. Para Penulis yg menerbitkan di kami.
  2. Cetak buku tahunan, company profile, buku kenangan, buku anak full colour, dll dengan harga hemat.
  3. Penerbitan buku indie/menerbitan buku sendiri dengan memakai jasa Self Publishing Service Halaman Moeka Publishing: Murah dan Mudah!
  4. Menerbitkan buku indie dengan cepat, bahkan ekspres!
  5. Menerbitkan buku indie dengan bebas biaya pracetak (layout, desain cover, ISBN)
  6. Jasa penyuntingan/editing naskah
  7. Jasa tata letak/layout naskah
  8. Jasa desain sampul/cover buku
  9. Jasa ilustrasi buku
  10. Cetak buku satuan/print on demand (POD)
  11. Cetak buku massal

0 komentar: